Welcome to my blog

Senin, 25 Januari 2010

EMOSI!!

setiap manusia yang hidup di muka bumi ini pasti emosian
cuman kadarnya berbeda beda
emosi juga macem2 sih, gak cuman dilihat dari marah doang yang selama ini sering kita anggap sebagai tolak ukur tingkat emosiannya seseorang
cuman yang mau gw bahas kali ini adalah emosi yang tentang marah itu.

nah gini ceritanya.
hari ini, em tepatnya mungkin sore kmaren kali ye, gw ngelatih kakak gw nyetir mobil di jalan raya.
FYI kakak gw udah ngambil 3 paket kursus nyetir.
yang pertama di tangerang, trus di depok, trus di tangerang lagi.
dan selama liburan kali ini, (gw sama kakak gw kuliah di tempat yang sama jadi liburnya barengan), gw diberi tugas mahamulia dari bokap.
Apakah itu ?? melatih kakak gw nyetir sampai bener2 bisa.

beberapa hari belakangan ini, yah kira2 7 harian lah, gw udah ngelatih dia,
dan lumayan banyak kemajuan yang udah berhasil dibuat oleh kakak gw
sore kmaren pun gw ngelatih dia lagi..

masalahnya adalah gw capek banged kmaren.
pagi2 gw ke depok buat ngurusin IRS gw yang bermasalah,
udah gitu pas nyampe rumah gw juga langsung disuruh nyokap buat nganterin adek gw yang bontot ke tempat les, jemput dia lagi, trus balikin barang2 yang dipinjam nyokap gw ke rumah temennya.

pokoknya gw cape banged
and i feel like there's no time left for myself.

udah selesai tugas2 dari nyokap, gw langsung disuruh ngajarin kakak gw nyetir
karena gw patuh ama nyokap (patuh apa takut??) gw akhirnya mengiyakan saja
berangkatlah gw dan kakak gw

di jalan, kakak gw mulai penyakitnya yaitu panikan
ada orang ngeklakson dikit, langsung kagok
akhirnya mobil pun mati karena masalah kopling dan gas yang diinjak dan dilepas tidak pada waktunya (mobil yang dipake manual)
kesalahan pemula banged kan
namun, gw melihat hal itu lain
gw ngerasa bahwa kesalahan seperti itu udah tabu dilakukan oleh dia
akhirnya gw pun rada jutek waktu ngingetin dia, trus rada gak sabaran juga,
dan buah dari tingkah laku gw ini bukannya memperbaiki keadaan malah memperburuk
kakak gw yang tadinya udah rada nyantai malah jadi kagok, akhirnya kejadian kayak gitu terulang 4 kali
gw yang udah abis batas kesabaran malah ngebentak dia
"LO GIMANA SIH, UDAH DIAJARIN JUGA!!"
dan kakak gw kahirnya merasa tersinggung dan ngambek

setelah rada tenang gw berpikir
tujuan gw sebenarnya baik
gw mau kakak gw bisa nyetir supaya dia bebas pake mobil kemana aja
gak mesti nungguin gw biar gw bisa nganter dia
gw bukannya gamau nganter dia
tapi kadang2 namanya juga orang waras
kadang males, kadang cape, deelel
Namun, cara gw salah

Gw membiarkan emosi yang ada di kepala gw menutupi keinginan gw ngajarin kakak gw.
niat awal gw yang baik terkesan hilang akibat emosi berlebihan.

dan kakak gw yang emosian juga akhirnya malah ngambek, dan tereak dalam kekesalannya ke gw "YAUDAH, GW GAMAU BELAJAR NYETIR LAGI"

suatu hal yang konyol kan

kemarahan yang tadinya hanya sesaat bisa menimbulkan dampak yang besar
emosi kayak api
kecil jadi kawan besar jadi lawan

emosi yang timbul bisa menjalar kemana-mana
dan akhirnya bikin dosa aja
gw marah ke kakak gw yang notabenenya lebih tua dari gw
gw bahkan sempat membentak dia
gw kena dosa karena gw gak hormatin orang yang lebih tua

sebaliknya kakak gw yang mestinya bijak, juga akhirnya marah2 dan masih gamau maavin gw
dia juga dosa karena gamau maavin gw

kakak gw yang tadinya udah lancar, jadi kagok karena gw emosian
gara2 dia kagok2 lagi, gw tambah emosian dan malah ngebentak dia
kakak gw bales emosian, dan akhirnya dia gamau belajar lagi
dan dampak terburuk adalah
gw dan kakak gw, temen dari kecil, berantem cuman gara2 masalah nyetir mobil
DANGKAL banged (sama kayak nama blog gw)

suatu hal yang bisa gw jadikan pelajaran dari kejadian ini
jangan pernah ngebiarin emosi ngatur kita
kita harus bisa ngatur emosi
emosi kayak penyakit yang cepet banged nular, cepet banged berkembang, dan cepet banged jadi suatu penyakit baru yang lebih ganas sampai nelan korban

Dan kalo udah terlanjur menjalar tuh emosi
langsung obati

first thing to do by me in the morning adalah mencoba minta maaf ke kakak gw
gw gak peduli lagi siapa yang salah
apakah gw yang terlalau kasar
ataukah dia yang belet kalo nyetir
kalau harga untuk memperbaiki suatu hubungan hanyalah merendahkan diri dan mau minta maaf duluan, gw bakal ngelakuinnya

hal sederhana yang baru gw sebutin barusan mungkin terkesan sepele
cuman, berapa banyak sih pasangan suami istri yang akhirnya pisah untuk selamanya karena gada yang mau membayar harga tersebut?
berapa banyak orangtua yang lost contact sama anaknya karena merasa gengsi untuk membayar harga tersebut waktu mereka ada masalah??
dan berapa juga politisi di negara bobrok ini yang saling tuding menuding karena gak mau membayar harga tersebut??
many i guess
orang2 yang gw sebutin sebagai contoh diatas ngelakuin hal yang sama, mereka membiarkan emosi merusak hidup mereka
dan mereka membiarkan emosi tersebut mengendap di hidup mereka dan menggerogoti mereka dari dalam
sampai seluruh hidup mereka habis dirongrong emosi, dan yang tersisa hanya kekosongan mutlak

Emosi bener2 bisa merusak
don't let it ruin your life

and for me, i won't let that happened in my life, nor in my sister's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar